Macam macam Jenis Mesin Las Listrik

macam mesin las listrik

Macam jenis mesin las listrik yang pada dasarnya adalah sebuah mesin yang di gunakan untuk menyambungkan dua buah lempengan besi atau metal. 

Cara kerja mesin las sendiri adalah dengan melelehkan bagian yang akan di sambung menggunakan bagian bujur kawat las yang di aliri listrik.

Bagian elektroda atau suatu bagian yang menghasilkan busur listrik ikut mencair dan terus merambat hingga kawat las yang di gunakan habis terpakai.

Ketika lelehan dari kawat las ini membeku disitulah saat tersambungnya ke 2 lempengan logam tersebut.

Jenis Mesin Las Listrik

1. Mesin Las Listrik Arus Bolak Balik (Mesin Las AC)

Mesin las listrik AC adalah macam jenis mesin las listrik yang menggunakan arus bolak balik.

Arus dari mesin ini di hasilkan oleh pembangkit listrik PLN atau generator AC, yang mana di gunakan sebagai sumber tenaga dalam proses pengelasan.

Point penting yang perlu di perhatikan adalah bahwa besarnya teganngan yang di hasilkan oleh sumber pembangkit listrik belum tentu sesuai dengan dengan tegangan yang di gunakan dalam proses pengelasan, yang mana tegangan bisa terlalu tinggi atau rendah.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka di perlukan sebuah alat pengatur tengangan sebelum memulai proses pengelasan dan alat ini disebut transformator atau trafo.

Kebanyakan yang ditemui pada saat proses pengelasan berlangsung trafo yang di gunakan berfungsi sebagai step-down trafo atau sebagai trafo penurun tegangan. 

2. Mesin Las Arus Searah (Mesin Las DC)

Mesin las listrik DC adalah macam jenis mesin las listrik yang searah. 

Arus searah ini berasal dari